Seperti janji kami tempo hari, kami akan sedikit berbagi ceritera tentang Kisah Kandidat Kanda Kedua, yang secara bertahap kami upload sejak pukul 13:00WIB, hari ini 19 Juni 2009.

Ceritera apa sih? Tentunya nggak jauh-jauh dari urusan musik. Ini ceritera tentang potongan perjalanan sebuah kelompok musik yang bernama Kanda Band. Mungkin banyak di antara zMania yang belum begitu akrab, atau justru jelas pernah dengar dan jelas pernah dapat potongan ceritera lainnya. Baiklah, itu bisa saling melengkapi.

Rekaman di atas adalah dokumentasi sederhana saat Kanda Band tampil dominan di Kediri. Betapa mengasyikkan, dukungan event organizer dan sponsor menjadikan pertunjukan media panggung itu berlangsung. Kalaupun kualitas rekaman audio visual itu di bawah standar, tolong dimaafkan dulu. Yang lebih parah pun masih ada… :))

Kendati demikian, upaya-upaya kami untuk merangkun satu demi satu adegan atau arsip dokumentasi, bukanlah pekerjaan seringan membalik telapak tangan. Ada keping cakram compact disc yang terselip, tergores, tertinggal di studio, dan masih banyak lagi. Klasik, bisa jadi menarik! zMania pasti hafal mengambil di mana pesonanya…

KANDA COVERLOGO LENS

zMania, masih ingatkah dengan image ini?

Bulan-bulan Juni itu, minimal empat track dalam album Vertical, mulai diperkenalkan ke publik. CD-nya sendiri baru edar di beberapa distro hari-hari menyambul Idul Fitri beberapa bulan kemudian.

Dalam banyak pentas yang pernah diikutinya, pentas di Kalimantan tercatat berjarak paling jauh. Bolehlah bisa naik pesawat dengan tiket gratis, dapat pengalaman baru menempuh jalur sungai berjam-jam. Ini sepenggal cerita menuju dan meninggalkan kota Sampit.

Pengalaman pentas yang lumayan monumental, baru terjadi lagi September 2007.  Pentas yang melahirkan banyak rencana dan langkah-langkah ‘gila’ dan konyol, kendatipun menampa mental untuk pendewasaan menghadapi kenyataan, pahit sekalipun.

Satu demi satu ceritera kami rangkai, satu demi satu narasumber kami mintai sejumlah ceritera, kami bagikan juga ke Anda zMania…

KANDA+

Panteng terus TRIPLEZIE ya… ok, BIGThanks!

Beberapa kalimat dan paragraf berikut ini, adalah salah satu cara pendekatan dan kita-kiat untuk mengembangkan dan melangsungkan eksistensi rombongan musik ini. Data-data dan pertemuan-pertemuan untuk membahasnya minimal dilakukan di 4 kota secara bertahap. Kerap kali petikan-petikan kalimatnya menjadi bagian penting dari band profile yang selalu diminta relasi dan calon relasi. Kita nantikan pengejawantahannya dalam aktivitas-aktivitas menarik lainnya.

MANAGEMENT TOUCH

VISI

  • Modern hard rock band
  • Professional band

MISI

  • Menyejajarkan dengan band papan atas nasional secara proporsional
  • Menempuh dan membangun jalur indie/indie label sebagai salah satu jalur titian karir profesional
  • Membentuk manajemen profesional untuk kepentingan band baik internal maupun external serta mengembangkan unit-unit usaha yang berpotensi memperkuat kompetensi inti

MANAJEMEN

  • Mengelola kinerja band baik manajemen maupun operasional
  • Merencanakan program kerja band
  • Mengorganisir seluruh elemen dan potensi band
  • Mengaktualisasikan seluruh program kerja yang telah direncanakan bersama seluruh elemen
  • Mengontrol dan mengevaluasi kinerja band secara periodik sebagai landasan kerja berikutnya
  • Untuk mewujudkan poin tersebut di atas maka dibentuklah manajemen tersendiri untuk melakukan akses ke dalam maupun ke luar sebagai bentuk konkrit profesionalisme
  • Manajemen berhak dan sekaligus berkewajiban melakukan intervensi ke dalam grup band melalui manajer band yang telah ditunjuk dalam batas–batas tertentu sehubungan dengan program–program promosi sebagai bentuk akses ke dalam. Manajemen juga berhak serta berkewajiban melakukan hubungan kerjasama dengan organisasi lain (Event Organizer, Production, Enterprise) baik di dalam maupun luar kota dan/atau melakukan langkah kerjasama dengan media promo (radio, surat kabar/tabloid, TV) baik lokal maupun nasional sebagai bentuk akses keluar
  • Personil band berhak dan berkewajiban mengikuti perkembangan-perkembangan dari langkah-langkah yang diambil oleh pihak manajemen sebagai wujud kepedulian dalam menjalin hubungan kerjasama. Dan diperlukan ikatan emosional yang kuat antar personil dalam bentuk komitmen baik secara lisan maupun tertulis. Hal ini sangat diperlukan untuk menjaga hal–hal yang tidak diinginkan, sehingga akan berpengaruh terhadap kwalitas band tersebut dan juga kinerja manajemen.

[bersambungterus/djnn/z104]

Iklan